UNDUH APLIKASI EVALUASI DIRI SEKOLAH SD, SMP, SMA, SMK STANDAR BSNP


Aplikasi Evaluasi Diri Sekolah (EDS) 

Salam Edukasi ..!


Aplikasi Evaluasi Diri Sekolah SD, SMP, SMA dan SMK >> Apa itu Evaluasi Diri Sekolah (EDS) : Untuk menjawab apa itu evaluasi diri sekolah kita simak selanjutnya. evaluasi diri sekolah adalah :

PENGERTIAN EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS)


Proses yang mengikutsertakan semua pemangku kepentingan untuk membantu sekolah dalam menilai mutu penyelenggaraan pendidikan berdasarkan indikator-indikator kunci yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).


Melalui EDS kekuatan dan kemajuan sekolah dapat diketahui dan aspek-aspek yang memerlukan peningkatan dapat diidentifikasi.


Proses evaluasi diri sekolah merupakan siklus, yang dimulai dengan pembentukan TPS, pelatihan penggunaan Instrumen, pelaksanaan EDS di sekolah dan penggunaan hasilnya sebagai dasar penyusunan RPS/RKS dan RAPBS/RKAS.

TPS mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk menilai kinerja sekolah berdasarkan indikator-indikator yang dirumuskan dalam Instrumen. Kegiatan ini melibatkan semua pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah untuk memperoleh informasi dan pendapat dari seluruh pemangku kepentingan sekolah. 

EDS juga akan melihat visi dan misi sekolah. Apabila sekolah belum memiliki visi dan misi, maka diharapkan kegiatan ini akan memacu sekolah membuat atau memperbaiki visi dan misi dalam mencapai kinerja sekolah yang diinginkan.

Hasil EDS digunakan sebagai bahan untuk menetapkan aspek yang menjadi prioritas dalam rencana peningkatan dan pengembangan sekolah pada RPS/RKS dan RAPBS/RKAS.

Laporan hasil EDS digunakan oleh Pengawas untuk kepentingan Monitoring Sekolah oleh Pemerintah Daerah (MSPD) sebagai bahan penyusunan perencanaan pendidikan pada tingkat kabupaten/kota.

PELAKSANA EVALUASI DIRI SEKOLAH :

Kegiatan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dilakukan oleh Tim Pengembang Sekolah yaitu terdiri dari : Kepala Sekolah, Wakil dari unsure guru, Wakil Komite Sekolah, Wakil Orang Tua Siswa dan Pengawas Sekolah selaku fasilitator/Pembimbing/Verifikator.

INSTRUMEN EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS)

Instrumen Evaluasi Diri Sekolah (EDS) terdiri dari 8 standar pendidikan sesuai dengan standar Nasional Pendidikan (SNP) antara lain sebagai berikut :

1. Standar Kompetensi Lulusan
2. Standar Isi
3. Standar Proses
4. Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
5. Standar Sarana dan Prasarana
6. Standar Pengelolaan
7. Standar Pembiayaan Pendidikan
8. Standar Penilaian Pendidikan

BACA : 

8 (Delapan) Standar Nasional Pendidikan Lengkap dengan Instrumen
Dari 8 Standar Nasional Pendidikan tersebut masing-masing terdiri dari beberapa komponen dan Sub-sub Komponen dan dari setiap komponen terdiri dari beberapa indicator yang memberikan gambaran secara detail tentang informasi kinerja sekolah.

CONTOH INSTRUMEN EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS)
Untuk mengetahui dengan jelas tentang contoh Instrumennya berikut admin sampaikan contoh-contoh Instrumen Evaluasi Diri Sekolah untuk Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). 

INI CONTOH INSTRUMEN NYA : Silahkan di Download

1. [ DOWNLOAD ] instrumen evaluasi diri sekolah dasar
2. [ DOWNLOAD ] instrumen evaluasi diri sekolah smp
3. [ DOWNLOAD ] instrumen evaluasi diri sekolah sma
4. [ DOWNLOAD ] instrumen evaluasi diri sekolah smk
5. [ DOWNLOAD ] draf instrumen evaluasi diri sekolah

LIHAT JUGA :   Instrumen Evaluasi Diri Sekolah SD, SMP, SMA, SMK 


Lebih lanjut tentang Evaluasi Diri Sekolah (EDS), agar dalam pelaksanaannya lebih akurat dan menjangkau pada sasaran yang tepat, sekaligus membantu Tim Pengembang Sekolah (TPS) didalam melakukan tugas Evaluasi dengan baik, berikut admin bagikan berupa Aplikasinya.

APLIKASI EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS) SD, SMP, SMA dan SMK, Silahkan di Download-gratis.

1. [ DOWNLOAD ] Aplikasi Diri Sekolah (EDS) Jenjang SD/MI.
2. [ DOWNLOAD ] Aplikasi Diri Sekolah (EDS) Jenjang SMP/MTs.
3. [ DOWNLOAD ] Aplikasi Diri Sekolah (EDS) Jenjang SMA/MA
4. [ DOWNLOAD ] Aplikasi Diri Sekolah (EDS) Jenjang SMK


Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya di woyoedukasi.blogspot.com dengan materi-materi lainnya.

Belum ada Komentar untuk "UNDUH APLIKASI EVALUASI DIRI SEKOLAH SD, SMP, SMA, SMK STANDAR BSNP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel